Rekomendasi Olahraga Untuk Orang Sibuk Agar Tetap Sehat

olahraga untuk orang sibuk

Rekomendasi Olahraga Untuk Orang Sibuk – Coba ingat-ingat, kapan terakhir kamu melakukan olahraga? Jika jawabannya sekitar 2 bulan yang lalu, maka kamu perlu berhati-hati. Orang yang jarang melakukan olahraga akan berisiko tinggi terkena berbagai penyakit. Mulai sekarang cobalah olahraga untuk orang sibuk yang bisa dilakukan.

Jika memang kamu tipe orang yang sibuk dan bahkan tidak pernah memiliki waktu luang yang lama, masih ada banyak gerakan yang bisa dilakukan. Jadi, manfaatkan waktu senggang yang singkat tersebut untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Beberapa Jenis Olahraga Untuk Orang Sibuk yang Bisa Dilakukan Dirumah

1. Latihan Plank

Olahraga ringan yang pertama yaitu latihan plank. Olahraga tersebut merupakan latihan sederhana yang bisa membantu memperkuat tubuh. Plank bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu melakukan model sedikitpun.

Olahraga ini sangat cocok dilakukan oleh orang yang sibuk dan hanya memiliki waktu sebentar untuk beristirahat. Plank dapat memperkuat otot dada, bahu, punggung, dan juga kaki. Dengan melakukan plank setiap hari, maka akan banyak kalori tubuh yang terbakar secara optimal.

Walaupun memang terlihat mudah, untuk menahan posisi plank pada kenyataannya cukup sulit. Coba lakukan olahraga ini selama 30 detik. Jika sudah merasa lancar dan terbiasa, maka bisa kamu tingkatkan lagi durasi olahraganya.

2. Olahraga Squat

Di sela-sela sibuk kerja, kamu bisa mencuri waktu sebentar untuk melakukan squat. Manfaat olahraga tersebut sangat banyak, seperti untuk membangun kaki, paha belakang, betis, paha depan, dan bisa meningkatkan massa otot secara optimal.

Bagi kamu yang merasa memiliki berat badan berlebih, squats juga bisa membakar lemak, menurunkan berat badan dan mengencangkan bokong. Cara melakukan squat yaitu dengan membuka kaki dengan lebar ke samping, kemudian tekuk lutut serendah mungkin.

Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, bangkit dan ulangi kembali sampai 10-15 kali. Lakukan squat setiap hari dan rasakan manfaatnya. Squat juga bisa membentuk tubuh ramping bagi wanita yang rutin melakukannya. Squat memang menjadi gerakan olahraga untuk orang sibuk yang banyak dipilih.

3. Olahraga Wall Sits

Bentuk olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu wall sits. Olahraga yang dilakukan dengan posisi duduk di dinding tersebut sangat bagus untuk membentuk perut bagian bawah, betis, pinggul, dan paha.

Lakukan wall sits secara rutin setidaknya selama 20 detik. Cara melakukan wall sits yaitu dengan bersandar pada dinding, kemudian majukan kaki  ke depan dan turunkan badan secara perlahan. Tetaplah bersandar dengan membuat posisi seperti sedang duduk di kursi.

Tahan posisi tersebut selama 20-30 detik. Jika kamu sudah merasa kuat, coba tingkatkan durasinya selama 1-5 menit. Semakin lama kamu meluangkan waktu untuk melakukan squat, maka semakin banyak juga manfaat yang akan diperoleh.

Baca Juga: 5 Tips Memiliki Berat Badan Ideal Secara Alami Tanpa Biaya Banyak

4. Olahraga Chair Dips

Jika kamu membutuhkan latihan untuk membantu memperkuat otot lengan, maka lakukan saja jenis olahraga chair dips. Olahraga ini sama dengan jenis latihan lain, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun, kecuali sebuah kursi yang kuat dan kokoh.

Cara melakukan olahraga chair dips yang benar yaitu dengan duduk. Selanjutnya, geser tubuh hingga bokong terlepas dari kursi. Posisi tangan tetap memegang dudukan kursi dengan kuat. Tahan posisi tersebut sambil turunkan badan dan lakukan selama 10-15 detik.

5. Olahraga Lunges (Menekuk Lutut)

Mencuri-curi waktu untuk melakukan lunges bisa dilakukan di sela waktu istirahat yang singkat. Olahraga lunges dapat membantu meningkatkan massa otot, melatih otot paha, membuat pinggul lebih fleksibel, mengencangkan kaki, dan membantu meningkatkan sistem metabolisme.

Bagaimana cara melakukan lunges yang benar? Pertama, posisikan tubuh tetap lurus  dengan bahu menghadap ke belakang secara rileks. Majukan satu kaki, kemudian turunkan pinggul sampai kedua lutut ditekuk hingga 90 derajat. Lakukan olahraga tersebut selama 15 detik.

6. Melakukan Latihan Naik Turun Tangga

Jika sebagai pekerja kantoran kamu terbiasa menggunakan eskalator atau lift untuk naik turun lantai, coba sekarang gunakan tangga darurat untuk sekalian olahraga. Faktanya, naik turun tangga dapat membantu membakar kalori lebih banyak dibandingkan latihan jogging.

Tidak hanya itu, latihan naik turun tangga bisa merangsang tubuh untuk menghasilkan endorphin untuk menciptakan rasa bahagia. Terlebih lagi, naik turun tangga merupakan jenis olahraga yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Saat kamu menaiki tangga, tubuh akan bekerja optimal untuk melawan gravitasi, serta membantu memperkuat otot kaki. Gerakan pinggul dan kaki yang dilakukan konsisten akan membantu meningkatkan otot jantung, melancarkan aliran darah, serta memperkuat pernafasan.

Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Walaupun gerakan-gerakan olahraga untuk orang sibuk ini terlihat sederhana, nyatanya tetap memberikan manfaat yang sama.

1. Dapat Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Dengan berolahraga, kadar gula dalam darah akan terjaga dengan stabil apalagi bagi penderita diabetes tipe 2. Selain itu, olahraga juga bisa mencegah terjadinya resistensi insulin yang bisa memicu terjadinya diabetes.

2. Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung

Walaupun kamu hanya melakukan jenis olahraga ringan dalam waktu sebentar, tetapi jika dilakukan secara rutin bisa membantu memperkuat otot jantung. Tidak hanya itu, olahraga juga bisa melancarkan aliran darah yang kemungkinan tersumbat di dalam tubuh.

3. Mengatasi Stres

Manfaat olahraga yang baik yaitu untuk membantu mencegah terjadinya depresi dan mengurangi stres. Mengapa demikian? Karena rutin berolahraga bisa mengurangi hormon stres seperti kortisol, norepinefrin, dan juga adrenalin.

Nah, setelah mengetahui jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan, mana nih olahraga untuk orang sibuk yang paling disukai? Jadi, sesibuk apapun kegiatan tetap luangkan waktu untuk berolahraga karena manfaat berolahraga bisa kamu rasakan sampai usia tua nantinya.

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
perangkat elektronik untuk smart home

Rekomendasi Perangkat Elektronik untuk Smart Home

Next Article
apa itu inner child

Apa itu Inner Child dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya

Related Posts