Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Gen 1, Ini Dia Detailnya!

snapdragon 8 Gen 1

Tech enthusiast sedang dihebohkan oleh peluncuran SoC terbaru dari Qualcomm. Namanya adalah Snapdragon 8 Gen 1. Santer terdengar bocoran informasi sebelum peluncurannya berlangsung. Apakah rumor-rumor yang beredar benar? Mari simak faktanya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Snapdragon 8 Gen 1?

Akhir November lalu, tepatnya pada 30 November 2021 telah digelar sebuah perhelatan besar bertajuk Snapdragon Tech Summit 2021. Hajatan besar ini digelar di Hawaii.

Inti dari Snapdragon Tech Summit 2021 adalah pengumuman rilisnya System on a Chip (SoC) baru bernama Snapdragon 8 Gen 1. SoC ini merupakan penerus dari Snapdragon 888 yang dirilis setahun lalu.

Pada 2021 ini, Snapdragon melakukan perubahan nama pada SoC seri 800 menjadi seri 8. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, SoC seri ini adalah chipset kelas tinggi yang biasanya dipakai untuk smartphone Android flagship.

Sebagai chipset flagship, tentu Snapdragon 8 Generasi 1 ini memiliki fitur-fitur eksklusif yang mungkin tidak bisa dijumpai pada seri lainnya. Sebut saja koneksi 5G dan AI. Performanya juga diklaim lebih baik dan tidak mudah panas karena diproduksi menggunakan fabrikasi 4nm.

Detail Snapdragon 8 Gen 1

Penasaran seperti apa detail dari Snapdragon 8 Generasi 1 ini? Berikut ini beberapa fakta dan fitur yang dimiliki oleh SoC terbaru dari Qualcomm tersebut.

1. CPU Armv9

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan SoC pertama dari Qualcomm yang memakai CPU Armv9. Core dari CPU-nya adalah Cortex-X2 yang punya clock speed 3,0 GHz. Kemudian ada 3 core Cortex-A710 berkecepatan 2,5 GHz, serta 4 core Cortext A510 dengan clock speed 1,8 GHz.

Qualcomm mengklaim bahwa SoC terbaru ini dapat menghemat daya hingga 30% dan performanya meningkat hingga 20% dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 888. Keunggulan lain dari arsitektur Armv9 adalah machine learning yang dapat bekerja lebih cepat.

2. Kamera

Kamera di smartphone flagship memang harus dibuat semaksimal mungkin. Oleh karena itu, Qualcomm juga meningkatkan performa Image Signal Processor/ISP (kini sudah berganti nama menjadi Snapdragon Sight).

Snapdragon Sight Technology merupakan IP 18 bit yang dibuat pertama kali untuk perangkat smartphone. Kemampuannya tidak main-main, teknologi tersebut mampu menangkap data kamera 4000 kali lebih banyak dibanding sang pendahulu.

Kemampuan perekaman videonya pun tidak kaleng-kaleng. Dengan dibekali SoC Snapdragon 8 Gen 1, smartphone dapat dipakai untuk merekam video dengan kualitas HDR 8K. Video yang dihasilkan juga akan semakin memukau berkat kehadiran Bokeh Engine.

Warna yang mampu ditampilkan juga sampai 1 milyar jumlahnya. Fantastis, bukan? Tak sampai di situ saja, Snapdragon 8 Generasi 1 memungkinkan kamera berjalan dengan konsumsi daya sangat rendah. Hal ini dapat diwujudkan karena adanya 1 tambahan always on ISP.

3. Performa Gaming

Smartphone saat ini tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Perangkat kecil ini kini dituntut untuk memiliki performa tinggi guna menunjang aktivitas gaming.

Lagi-lagi, Qualcomm tak ingin main-main di sektor ini. Hal ini ditunjukkan dengan hadirnya fitur Snapdragon Elite Gaming yang jumlahnya lebih dari 50.

Berkat fitur tersebut, smartphone yang ditenagai Snapdragon 8 Generasi 1 dapat memberikan respons yang sangat smooth dan tampilannya kaya akan warna berkualitas super tinggi. Bahkan kualitasnya setara dengan performa gaming di desktop.

Snapdragon 8 Gen 1 dibekali dengan Adreno Frame Motion Engine yang membuatnya tetap hemat daya namun mampu menghasilkan frame dalam jumlah 2 kali lebih banyak.

Seluruh efek visual di game akan tampak lebih nyata berkat fitur Render Volumetrik. Contoh efek visual yang akan sangat terlihat perbedaannya antara lain asap, efek kabut, dan partikel lainnya.

4. Audio

Bergembiralah kamu yang bekerja di sektor audio karena sebagian pekerjaanmu kini bisa dilakukan di smartphone. Snapdragon 8 Gen 1 sudah mendukung seluruh fitur LE audio paling anyar mulai dari perekaman stereo, broadcast audio, serta back channel.

SoC satu ini juga sudah menggunakan Bluetooth 5.2 terintegrasi. Dipadukan dengan Qualcomm aptX Lossless Technology, pengguna dapat merasakan pengalaman audio wireless lossless dengan kualitas CD.

5. Konektivitas

Menyambut koneksi 5G yang sudah mulai digunakan beberapa negara, Qualcomm menyematkan Snapdragon X65 Modem-RF System generasi keempat di SoC terbarunya. Modem ini dapat menghasilkan kecepatan download hingga 10 Gbps.

Kecepatan Wi-Fi juga dapat mencapai 3,6 Gbps berkat penggunaan Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System.

6. Artificial Intelligence

Sudah sejak lama Qualcomm menyematkan AI di chipset buatannya. Khusus di Snapdragon 8 Gen 1 ini, teknologi yang dipakai adalah Qualcomm AI generasi ke-7. Prosesornya menggunakan Qualcomm Hexagon yang lebih efisien dan punya performa tinggi.

Baca Juga: Ini Dia 7 Kelebihan dan Kelebihan Xiaomi Poco M3

Daftar Smartphone dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1

Setelah mengetahui seluruh fitur yang dipersembahkan oleh Qualcomm melalui SoC terbarunya, banyak orang yang tak sabar untuk segera merasakan performanya secara langsung.

Jangan khawatir karena SoC ini sudah mulai digunakan pada smartphone yang akan diluncurkan pada tahun 2021 ini. Jadi, kamu tidak perlu menunggu tahun depan jika ingin mencobanya.

Berikut adalah beberapa merek smartphone Android yang sudah mengumumkan secara resmi bahwa smartphone terbarunya akan menggunakan Snapdragon 8 Generasi 1.

  1. Xiaomi (seri 12)
  2. Motorola (seri Edge X30)
  3. Oppo (Find X4 Pro)
  4. OnePlus
  5. Realme
  6. Vivo
  7. Honor
  8. Samsung
  9. Redmi

Mari kita tunggu saja pengumuman dari masing-masing brand smartphone tersebut. Jangan lupa berdoa semoga smartphone dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1 dapat masuk secara resmi ke Indonesia setelah diresmikan.

Total
17
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
persiapan memulai bisnis

Ikuti Persiapan Memulai Bisnis Ini Biar Laris di 2022

Next Article
stiker add yours instagram

Ini Dia Cara Menggunakan Stiker Add Yours yang Lagi Viral

Related Posts