Pengalaman Menggunakan Fitur Komplain Tokopedia

Pembeli mempercayakan e-commerce sebagai tempat untuk berbelanja online paling aman karena dana dari pembeli tidak diberikan terlebih dahulu kepada penjual sebelum barang yang dibeli sampai ke tujuan. Namun Seringkali memang barang yang dibeli tidak sesuai dengan gambar atau mengalami cacat barang saat sampai ke tujuan.

Tentu hampir semua e-commerce sudah menyediakan fitur komplain terhadap penjual. Termasuk pengalaman saya di akhir tahun yang membuat saya sedikit jengkel dengan barang yang dibeli dalam kondisi cacat.

Ketika barang itu sudah sampai dan dipegang tentu saya tidak langsung melakukan konfirmasi barang, saya mengecek terlebih dahulu. Ternyata barang yang saya beli mengalami kecacatan dan lumayan parah. Sekedar informasi saya memebeli sepatu dengan harga 199rb dan menggunakan gratis ongkir tokopedia.

Dan akhirnya dana itu bisa di kembalikan oleh Tokopedia kepada pembeli. Begini kronologinya

Kronologi:

Tanggal 28 Desember 2019 saya melakukan pembelian dan pembayaran sepatu seharga 199rb dengan gratis ongkir tokopedia. Memang respon dari penjual sangat cepat baik di dalam diskusi maupun proses pembelian. Malam harinya resi sudah bisa diakses memandakan bahwa barang sudah dikirim.

Tidak ada kendala selama pengiriman barang.

Tanggal 31 Desember 2019, barang saya terima dan langsung mengeceknya terlebih dahulu sebelum melakukan konfirmasi barang sampai. Ternyata sepatunya mengalami kecacatan dimana bagian sepatu kiri seperti ada bekas kebakar atau bergerigi dan juga ada bolongan-bolongan kecil di sepatu
.

pengalaman komplai di tokopedia

Tentu sebelum saya melakukan komplain saya menanyakan kepada penjual terlebih dahulu melalui fitur chat tokopedia dan melalui whatsapp yang nomornya didapatkan di kertas pengirimannya. Namun tidak ada tanggapan dan malah hanya dibaca saja.

penjual tidak menanggapi komplain tokopedia
pengembalian dana tokopedia ke rekening

Karena memang tidak ada jawaban padahal dia online beberapa waktu lalau, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan fitur komplain. Saya melakukan komplain dan dimintain oleh tokopedia untuk memasukkan bukti dan penjelasan detailnya. Dan saya juga mencentang “pembeli siap melakukan penukaran barang jik masih tersedia”

komplain barang rusak di tokopedia
pengalaman return barang tokopedia

Komplain diterima tokopedia dan menunggu keputusan dari penjual dengan memberikan tenggang waktu untuk merespon sekitar 3 hari oleh tokopedia. Namun penjual mengabaikan respon komplain dari pembeli sehingga Tokopedia memutuskan untuk mengembalikan dana ke pembeli.

minta dana refund karena barang cacat

Dana itu langsung masuk ke saldo tokopedia keesokan harinya dan saya lakukan penarikan ke rekening bank. Dana dana yang dikembalikan sudah masuk ke saldo Rekening bank saya.

Lalu mungkin anda bertanya, sepatunya digimanain? apakah tokopedia meminta untuk mengembalikan ke penjual?

Tokopedia tidak meminta itu, dia hanya mengembalikan dana refund sehingga sepatu itu menjadi milik pembeli. Itu sebagai konsekuensi untuk penjual karena melakukan kesalahan dan tidak merespon komplain dari pembeli.

Walaupun suatu saat nanti penjual menghubungi saya secara pribadi untuk meminta barangnya, maka tidak ada hak untuk dikembalikan. Jikalau ada proses mengembalikan saya rasa tidak mungkin karena di aplikasi Tokopedianya komplain saya sudah dinyatakan “Sudah Selesai” maka tidak ada ikatan lagi antara penjual dan pembeli.

Semoga pengalaman komplain tokopedia ini menjadikan pelajaran bagi kita semua jikalau dihadapkan dengan persoalan yang sama. Share keteman dan media sosial kamu agar mereka juga bisa menemukan solusi ketika barang yang dibeli tidak sesuai dan lainnya di Tokopedia. Berkomentar juga jika ada pertanyaan atau mungkin memiliki pengalaman seputar pembelian di Tokopedia.

Total
0
Shares
5 comments
  1. Disini saya mengalami hal yg sama, itupun selang 3 hari setelah komplain dari seller juga tidak hub apa2, trus seller hub saya selang lewat 3 hari setelah komplain dan minta produknya untuk di retur/kirim atau suruh transfersenilai barang tsb, kalau tidak dikirim akan dilaporkan ke pihak polisi, untuk hal tsb apakah kuat tuntutan seller ke pihak polisi menuntut pembeli?

  2. Harusnya si tuntutannya gak berdasar banget, seller gak membaca syarat dan ketentuan sebagai penjual di tokopedia. Tokopedia mempunyai aturannya sendiri, makanya setiap membuat akun selalu harus centang setuju dengan syarat dan ketentuan. Bilang aja sama sellernya klo peraturan itu dibaca. Tapi biar lebih lega hubungi aja customer service Tokopedia nya. Harusnya sih udh gak berhak seller meminta barang komplen karena kan gak ngegubris selama waktu yang telah ditentukan.

  3. Wah kejadiannya sama nih,,saya juga jengkel dengan barang pesanan saya yang baru saja datang tapi sudah rusak. Untungnya sebelum dicoba pas unboxing saya video dulu biar ada bukti kuat soalnya barang yang saya pesan barang elektronik,si seller sangat respon ketika di chat pembelian tetapi setelah ada komplain chat saya di forum diskusi ga pernah di respon. Saya lanjutkan di aplikasi komplain dan masih ga ada respon baru setelah 2 hari dia ada nelpon dan nerusin selanjutnya di chat wa dan berniat mau memberikan ganti produk kepada saya tapi sayangnya produk yang saya pesan sudah dinyatakan habis stok (mungkin karena banyak produknya yang rusak dan di komplain padahal rattingnya lumayan bagus) dan seller menawarkan produk dg beda merk tetapi spesifikasi yang sama dg barang yang saya pesan sebelumnya,tetapi saya harus batalkan komplain saya di tokopedia dan memberinya 5 bintang. Saya iyain aja dulu dengan syarat silahkan kirim dulu barang penggantinya dan kirim bukti resi pengirimannya dahulu kepada saya,barulah saya akan membatalkan komplain saya di tokopedia karena saya gak mau setelah saya batalin komplain ternyata barangnya ga diganti dan dikirim kepada saya. Kalau soal balikin lagi produk mah saya bakal balikin lagi ke seller asal barang penggantinya bener² dikirim lagi. Dg catatan ongkirnya seller yg bayar sendiri

  4. kejadian juga ama sy, sy beli vitamin magnesium di toped, begitu sampai ternyata barangnya palsu. keliatan banget dari kemasanya. sy komplain dengan memberikan bukti2. dan di iyakan oleh admin toped. tapi sellernya tidak terima malah naik banding gitu. Akhirnya admin toped memituskan final uang dikembalikan ke saya, dan status barangnya masih di sy dan nggak jelas proses returnya. buat sy sih mending barangnya dibuang, karna obat2an sangat berbahaya kalau masuk ke tubuh manusial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Tips untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Next Article

Perbandingan Mengedit di HP dan Laptop

Related Posts