Mengenal Point of Sale: Pengertian, Contoh, Manfaat dan Cara Kerja

apa itu point of sale

Tahu tidak? Saat kamu membayar belanjaan di kasir, riwayat pembelian kamu tersebut tidak hanya dibukukan oleh kasir. Ada yang disebut dengan point of sale atau disingkat POS. Pernah dengar sebelumnya? POS adalah software yang membantu penjual dalam melakukan pembukuan jual beli.

Melalui fitur POS, kinerja penjual menjadi lebih hemat waktu dan optimal. Segala pembukuan diolah oleh sistem komputer, sehingga hasilnya akurat. Sebelumnya, mari cari tahu apa sebenarnya fungsi dari POS itu pada pembahasan berikut.

Apa Itu Point of Sale

Point of sale atau sering disebut POS adalah sebuah sistem berbasis komputer yang fungsinya untuk mempermudah bisnis ritel dalam urusan transaksi jual beli. Kamu pasti menjumpai POS saat membayar di restoran atau pasar swalayan.

Bentuknya bisa berupa mesin EDC, tablet, smartphone, mesin kasir atau perangkat lainnya yang biasa digunakan sebagai tempat pembayaran. Pada masa awal perkembangannya, POS Memiliki fitur yang terbatas, mulai dari menyimpan uang, menghitung cepat, dan mencetak setruk pembeli.

Sekarang, POS memiliki fungsi lebih dari itu. POS dapat menampung data pembeli, menghitung keuntungan dan kerugian toko, hingga membuat laporan penjualan. Fungsi-fungsi tersebut yang membuat metode konvensional mulai ditinggalkan dan digantikan oleh sistem POS.

Contoh Point Of Sale

Ada beberapa pilihan software POS yang banyak digunakan oleh pebisnis ritel. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Pawoon

pawoon aplikasi kasir

Bagi yang baru pertama kali menggunakan POS, Pawoon versi gratis bisa menjadi pilihan terbaik.

Tidak hanya membukukan transaksi jual beli, Pawoon memiliki fitur customer relation management. Fitur ini berupa wadah yang menampung feedback atau ulasan pembeli, dengan begitu kamu bisa mengetahuinya.

Kamu juga bisa mengajukan permohonan dana tambahan melalui software ini. Dana tambahan diajukan dalam bentuk kredit ke sebuah bank di Indonesia.

Ada satu bank di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan software ini. Kamu bisa berkesempatan untuk mengajukan kredit dengan menggunakan fitur Pawoon.

2. Mokapos

moka aplikasi kasir

Software point of sale berikutnya cocok digunakan oleh pebisnis skala kecil maupun besar. Mokapos didukung oleh berbagai fitur yang akan membantu pekerjaan kamu selaku pelaku bisnis. Menariknya, software ini dapat diakses oleh perangkat mobile.

Kamu bisa memantau penjualan dari mana saja karena fleksibilitas ini. Mokapos memungkinkan kamu untuk membuat laporan penjualan dengan cepat dari data-data yang ada.

Berbagai bank terkenal di Indonesia telah bekerja sama dengan software ini, sehingga terdapat berbagai metode pembayaran yang bisa dilakukan.

3. Olsera

olsera POS

Olsera dapat menampilkan catatan transaksi penjualan dengan detail dan lengkap. Selain Mokapos, Olsera juga dapat diakses berbagai perangkat mobile. Software ini tersedia di ponsel dengan operating system iOS maupun Android. Olsera dapat digunakan oleh pelaku bisnis konvensi maupun online.

Ada satu keunggulan yang dimiliki software ini. Olsera dilengkapi fitur yang membagi pemesanan yang dilakukan pada waktu bersamaan menjadi beberapa pembayaran. Fitur satu ini sangat bermanfaat saat ada rombongan yang meminta split bill atau membayar sendiri-sendiri.

Baca Juga: Tips Menentukan Aplikasi POS Terbaik Untuk Bisnis Online

Manfaat Point of Sale

manfaat point of sale

Pelaku bisnis tentu memiliki alasan yang berbeda-beda akan penggunaan POS. Namun perlu diakui bahwa POS sangat membantu kegiatan operasional pelaku bisnis. Berikut ini adalah berbagai manfaat point of sale:

1. Menghitung untung dan rugi

Kalau kamu sering kerepotan dan kepusingan saat menghitung untung dan rugi dari penjualan, tandanya saatnya kamu mengganggu software POS.

POS dapat membuat laporan untung dan rugi dengan akurat, cepat dan lengkap dari data penjualan yang tersimpan di software.

2. Data tidak mudah hilang

Catatan yang dibuat di buku laporan rentan hilang dan terselip. Dengan sistem POS, data-data transaksi jual beli tersimpan dengan baik pada cloud. Kamu hanya perlu akses internet untuk mengakses data tersebut.

Penyimpanan di cloud jauh lebih aman ketimbang metode konvensional. Karena tersimpan di cloud, kamu bisa mengakses data dengan praktis melalui smartphone.

3. Mencetak setruk pembelian

POS dapat mencetak setruk pembelian dengan cepat. Jadi, tidak perlu repot-repot menulisnya di buku nota. Apalagi kalau bisnis sedang ramai, pencetakan setruk dengan mesin akan sangat mempercepat pekerjaan.

4. Merekap data inventaris

Kegiatan operasi toko tidak luput dari catatan inventaris. Catatan ini berguna dalam memantau ketersediaan suatu produk.

Nah, software POS memiliki fitur spesial yang memungkinkan kamu untuk memantau catatan inventaris toko cabang tanpa harus pergi ke tempat itu. Kamu pun bisa mengarahkannya pembeli yang kehabisan produk ke toko cabang terdekat.

5. Mempermudah pembatalan dan pengembalian barang

Kelebihan dari POS berikutnya menyangkut pembatalan transaksi dan pengembalian barang. Proses pengembalian barang memang terkadang menyulitkan.

Dengan software POS, pembeli dimudahkan ketika mengajukan pengembalian barang. Tidak hanya barang, POS juga memudahkan pembatalan transaksi dan pengembalian dana (refund).

6. Melayani berbagai metode pembayaran

Beberapa software POS yang sudah bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia akan melayani berbagai metode pembayaran.

Seperti yang diketahui, beberapa mesin POS melayani pembayaran secara tunai, kredit, debit maupun metode pembayaran lainnya. Semua transaksi jual beli akan tercatat oleh sistem.

7. Pelanggan lebih puas

Sistem POS akan mempercepat pekerjaan pelaku bisnis. Tidak hanya itu, berbagai metode pembayaran yang beragam memberikan kepuasan tersendiri bagi pembeli.

Pembeli semakin dipermudah dengan opsi yang ada. Karena puas, pembeli akan mendapatkan pengalaman baik yang diingatnya, dan mungkin akan kembali lagi.

Cara Kerja Point Of Sale

Cara kerja atau metode point of sales beroperasi secara sistematis dan terstruktur. Berikut adalah uraian singkatnya.

  • Membantu proses transaksi dengan sistem yang terotomatisasi.
  • Melacak data penjualan dalam kurun waktu tertentu.
  • Menggambarkan pola penjualan dengan lengkap dan jelas.
  • Menunjukkan jika ada perbedaan harga dari produk.
  • Memantau tingkat inventaris.
  • Menggabungkan informasi penjualan.

Masih ragu menggunakan sistem POS? Kamu tentu tidak akan menyesal dengan fasilitas yang diberikan software POS. Tunggu apalagi? Ayo unduh salah satu software POS di atas.

Total
12
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
tes psikologi untuk memilih jurusan kuliah

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat agar Kuliah Lancar Sampai Lulus

Next Article
aplikasi download video instagram

Rekomendasi Aplikasi Download Video Instagram

Related Posts