Mengenal Intel Evo dan Daftar Laptop yang Sudah Diverifikasi

intel evo

Siapa sih yang tidak kenal dengan Intel? Merek chip atau prosesor yang satu ini pasti sudah pernah kamu dengan sebelumnya. Belakangan, Intel Evo santer dibicarakan di kalangan tech enthusiast. Apakah yang dimaksud dengan Intel Evo?

Saya akan memberikan informasi mulai dari pengertian hingga daftar laptop yang sudah mendapatkan sertifikasi Intel Evo. Simak penjelasannya sampai akhir supaya tidak ketinggalan informasi pentingnya.

Apa Itu Intel Evo?

Apakah kamu ingat bahwa Intel memiliki proyek Athena yang digagas sejak beberapa tahun lalu? Nah, Intel Evo ini merupakan generasi terbaru dari project tersebut.

Intel Evo merupakan sebuah program sertifikasi untuk perangkat laptop modern yang bertujuan untuk mempermudah para pengguna agar lebih produktif, khususnya di masa pandemi.

Laptop yang sudah disertifikasi Intel Evo dijamin bisa memberikan pengalaman paling optimal untuk kebutuhan para pengguna saat ini. Mengingat kebutuhan pengguna begitu beragam, mulai dari gaming, editing foto, editing video, dan pekerjaan kantor.

Tentu saja pengguna membutuhkan laptop dengan performa yang cepat, proses pengisian daya yang cepat, baterai yang hemat, dan praktis untuk di bawah ke mana pun.

Intel sendiri menetapkan sertifikasi ini khusus untuk laptop yang sudah ditenagai oleh prosesor terbaru mereka, yaitu generasi ke-11. Uniknya, proyek ini dikhususkan untuk laptop-laptop yang ringan dan tipis. Laptop yang sudah diverifikasi akan mendapatkan label atau stiker khusus.

Standar Intel Evo

Bicara soal sertifikasi, tentu Intel sudah menetapkan standar untuk Intel Evo. Hanya laptop yang lolos standar yang akan mendapatkan  serifikasi ini.

Terdapat 6 standar yang mencakup prosesor, layar atau display, daya tahan baterai, fast charging, konektivitas, dan responsivitas. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Prosesor yang digunakan harus Intel Core 11th Gen dengan GPU Intel Iris Xe. Artinya, prosesor yang masuk dalam kategori ini hanya Core i5 dan i7 11th Gen.
  • Laptop harus memiliki layar antara 12 hingga 15 inci dengan resolusi full HD. Bezel atau bingkai layar tipis. Desain laptop dibebaskan antara standar atau 2 in 1.
  • Daya tahan baterai minimalnya adalah 9 jam dengan resolusi layar Full HD.
  • Baterai yang disematkan di laptop harus mendukung sistem fast charging menggunakan USB Type C. Dalam waktu pengisian daya 30 menit, pengguna harus mendapatkan waktu pakai minimal 4 jam.
  • Untuk konektivitas, laptop harus dilengkapi dengan port Thunderbolt 4 dan dukungan WiFi6.
  • Laptop harus responsif. Hal ini dibuktikan dengan waktu untuk menghidupkan kembali sistem dari mode sleep kurang dari 1 detik dan proses booting cepat.

Keuntungan yang Kamu Dapatkan dari Intel Evo

keuntungan memilih intel evo

Dengan berbagai standar yang sudah ditetapkan oleh Intel di atas, tentu pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan. Ini dia beberapa hal yang akan menguntungkan kamu jika menggunakan laptop yang sudah diverifikasi Intel Evo.

Memenuhi Segala Kebutuhan Pengguna

Prosesor yang digunakan adalah generasi terbaru yang dijamin ngebut. Ditambah dengan berbagai fitur high end lainnya, pasti akan mendukung segala kebutuhan pengguna. Mulai dari aktivitas enteng seperti mengetik hingga aktivitas berat seperti render video.

Hal ini benar-benar mengubah image laptop tipis menjadi lebih garang dibandingkan sebelumnya. Performanya bahkan tidak kalah dengan laptop gaming yang ukurannya jauh lebih besar.

Hemat Baterai

Daya tahan baterai yang lama adalah hal paling dicari dari sebuah laptop. Hal ini pasti diimpikan oleh orang-orang yang menggunakan laptop sebagai tool utama untuk bekerja. Terlebih untuk kamu yang bekerja mobile dan harus sering berpindah tempat.

Seperti standar yang sudah ditetapkan, laptop Intel Evo harus punya ketahanan baterai minimal 9 jam. Waktu untuk mengisi daya juga sangat singkat. Hanya butuh charging selama 30 menit untuk mendapatkan waktu pakai selama 4 jam.

Audio Visual Bikin Betah

Tak cuma urusan performa yang bikin senang, audio visual di laptop Intel Evo juga bikin nyaman. Perpaduan antara Intel Core 11th Gen dengan CPU, GPU, dan AI dapat melakukan banyak hal seperti noise canceling, blur background video dengan AI, decode video, dan lain sebagainya.

Simpel dan Ringkas

Selama ini, laptop yang punya performa tinggi didominasi oleh laptop gaming berbodi bongsor dan berat bobotnya. Namun berkat Intel Evo, kini kamu bisa mendapatkan performa yang nyaris serupa dari laptop tipis dan ringan.

Baca Juga: Update Windows 11, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Daftar Laptop Intel Evo yang Bisa Kamu Beli

Ingin mencicipi performa laptop yang sudah punya sertifikat Intel Evo? Ini dia beberapa rekomendasi untuk kamu.

Lenovo Yoga 9i

lenovo yoga 9i

Di urutan pertama ada Lenovo Yoga 9i yang masuk ke jajaran flagship. Bodi laptop ini dibuat dari bahan metal. Layarnya sendiri punya ukuran 14 inci yang sudah touchscreen dan beresolusi 4K.

Untuk dapur pacu, Lenovo Yoga 9i ditenagai Intel Core i7 Tiger Lake. Didukung dengan RAM 16 GB dan SSD 512 untuk penyimpanan.

HP Spectre x360

HP spectre x360

Berikutnya ada HP Spectre x360. Laptop ini sudah menggunakan panel OLED resolusi 4K berukuran 13,3 inci. Prosesor yang dipakai adalah Intel Core i5 Tiger Lake. Ditambah dengan dukungan RAM 8 GB dan SSD 512 GB.

Dell Inspiron 14 5000 Series

Dell Inspiron 14 5000 series

Jeroan Dell Inspiron ini sama persis seperti Lenovo Yoga 9i. Prosesor Intel Core i7 Tiger Lake, RAM 16 GB, serta 512 GB SSD. Sayangnya, layar laptop ini hanya punya resolusi Full HD meski sudah mendukung touchscreen.

Selain 3 rekomendasi di atas, kamu juga bisa menemukan laptop lain yang sudah bersertifikat Intel Evo. Jadi, tunggu apa lagi? Tentukan pilihan kamu sekarang dan rasakan pengalaman komputasi terbaik bersama Intel Evo.

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
perbedaan layar oled, amoled dan super amoled

Perbedaan Layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED

Next Article
pilih kost atau kontrakan

Pilih Kost atau Kontrakan, Mana Yang Cocok Buat Kamu?

Related Posts