Ide Bisnis Franchise, Buat Kamu Yang Pengen Cuan Banyak

ide bisnis franchise

Ide Bisnis Franchise – Kunci dari kesuksesan bisnis Waralaba berasal dari popularitas brand-nya. Semakin brand dikenal luas oleh masyarakat, peluang bisnis waralaba tentu semakin terbuka lebar. Kamu mungkin menyadari bisnis franchise mulai menjamur di berbagai kota Indonesia.

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis namun terhambat dalam pembangunan branding, maka solusinya adalah bisnis franchise. Tidak perlu susah payah branding, bisnis waralaba dapat dengan mudah menjangkau pelanggan. Mari simak tuntas berbagai ide bisnis franchise berikut.

Cara Membuat Bisnis Franchise

Sebelumnya, bagi yang ingin membuat Bisnis Waralaba atau waralaba dari nol, ada baiknya memahami beberapa hal berikut:

1. Memiliki ciri khas tersendiri

Yang membuat suatu bisnis waralaba menonjol dari yang lain adalah ciri khasnya. Kiat bersaing dengan berbagai bisnis franchise tentu memiliki keunikan tersendiri yang tidak terdapat pada franchise lainnya. 

Pikirkan matang-matang ciri khas apa yang ingin kamu tonjolkan pada franchise kamu. Ciri khas ini yang membuat masyarakat mudah mengingat franchise tersebut.

2. Buat laporan keuangan 

Pembuatan laporan keuangan memudahkan kamu untuk mengelola dan memantau perkembangan usaha. Buat laporan keuangan yang rinci agar mendapatkan gambaran laba dan rugi.

3. Tetapkan pedoman standar operasional prosedur (SOP) 

SOP harus dibuat dengan jelas. Nantinya SOP menjadi pakem operasional yang menentukan kualitas pelayanan dan produk. 

4. Mencari dukungan dari franchisor dan mitra bisnis lainnya 

Franchisor adalah pemilik dari suatu franchise. Franchise yang mendapatkan dukungan baik selama masa perilisan pertanda bahwa bisnis kamu berpeluang untuk sukses di masa mendatang.

5. Memiliki hak kekayaan intelektual dan legalitas

Franchise yang jelas memiliki legalitas serta hak kekayaan intelektual. Kedua hal tersebut bisa meningkatkan reputasi franchise, serta menjadikan badan usaha dilindungi oleh hukum.

Peluang Bisnis Waralaba

Peluang kesuksesan bisnis waralaba cukup bagus. Pasalnya, kamu tidak perlu merintis usaha dari awal. Adapun beberapa peluang yang dimaksud adalah:

Tidak mulai dari nol 

Bisnis franchise bisa berjalan tanpa branding. Sebab kamu tinggal mengikuti panduan sesuai dengan perjanjian franchisor.

Tidak Mudah Rugi

Sebagian besar bisnis rugi karena produk yang dijual tidak laku di pasaran. Penyebabnya dapat dikarenakan produk belum dikenal oleh masyarakat. Hal seperti itu tidak akan terjadi pada bisnis franchise.

Mendapat Dukungan dari Franchisor Lainnya

Sebagai sesama pemilik franchise, mereka akan saling mendukung satu dengan yang lain. Dukungan ini dapat meningkatkan semangat untuk terus mengembangkan usaha.

Baca Juga: Bisnis Franchise: Pengertian, Sistem Kerja, Keuntungan dan Modal

 

Macam-macam Usaha Franchise

Bisnis franchise ada banyak jenisnya. Yang paling umum di Indonesia meliputi minuman, makanan, hingga franchise bidang jasa. Bisnis Waralaba di bidang jasa seperti salon kecantikan, jasa pengiriman, salon mobil, bidang teknologi dan lain-lain.

Ide Bisnis Franchise

Sehabis membahas seputar macam-macam bisnis waralaba di atas apakah ada ide yang terlintas di benak kamu? Kalau belum, berikut disajikan inspirasi bisnis franchise yang bisa kamu pakai!

ide bisnis waralaba

1. Makanan 

Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Selain itu, makanan menjadi kebutuhan pokok yang setiap hari dibutuhkan manusia. Artinya, kamu tidak akan kehabisan target pasar. 

Makanan ada banyak jenisnya, mulai dari kue, roti-rotian, makanan cepat saji, makanan kontinental, dan masih banyak lagi.

2. Bahan bakar 

Bisnis franchise potensial selanjutnya bahan bakar. Indonesia termasuk negara dengan jumlah kendaraan yang banyak. Kebutuhan akan bahan bakar juga tidak sedikit. 

Hampir setiap hari masyarakat Indonesia mengisi bahan bakar untuk kendaraan. Tanpa kendaraan mobilitas ikut terhambat. 

Kamu bisa menjalankan bisnis waralaba bahan bakar skala besar maupun skala kecil, seperti pom bensin mini.

3. Pakaian

Sektor industri pakaian terus berkembang. Terbukti dari bermunculannya berbagai model pakaian di pasaran. Penjualan akan pakaian menduduki peringkat satu selama masa pandemi. Sehingga menjadikan bisnis pakaian sebagai bisnis franchise yang potensial. 

Beberapa franchise pakaian yang ada di Indonesia meliputi Matahari, Ramayana, dan sebagainya. 

4. Depot air minum

Selain makanan, minuman juga menjadi barang esensial manusia untuk bertahan hidup. Tanpa air, manusia tidak bisa hidup lama. Bisnis franchise depot air minum banyak diminati calon franchisor.

Alasannya, air minum tidak bisa basi sehingga terhindar dari kerugian. Tidak hanya itu, bisnis waralaba depot air minum mudah untuk dijalankan dan dirawat. Bahkan margin profit yang dihasilkan cukup besar. Tertarik mencoba?

 

Contoh Bisnis Franchise

Nah di atas baru ide-ide saja. Mari lihat contoh franchise yang sudah sukses di Indonesia. Siapa tahu kamu bisa semakin terinspirasi. Berikut contoh-contohnya:

contoh bisnis franchise

1. KFC

Siapa yang tidak kenal KFC? Rasanya mayoritas masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan brand penjual ayam goreng satu ini. Karena sudah dikenal luas oleh banyak orang, modal awal yang dibutuhkan untuk membuka franchise ini tidak sedikit.

Kamu membutuhkan setidaknya biaya sebanyak Rp1,5 miliar rupiah. Dengan harga tersebut kamu baru mendapatkan suplai bahan produksi dan kemasannya. 

Untuk mendirikan gerai sendiri, kamu perlu mengeluarkan biaya lebih banyak. Pendirian gerai bisa menyita modal sekitar Rp4 sampai Rp9 miliar rupiah. Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa cepat balik modal karena franchise KFC tidak pernah surut pembeli.

2. Indomaret

Kamu hanya bisa menjalankan bisnis franchise satu ini apabila berkewarganegaraan Indonesia serta memiliki surat izin usaha yang sah.

Bagi yang menginginkan Indomaret, sebaiknya mulai menabung dan siapkan modal sekitar Rp400 juta.

Kamu juga tidak perlu gencar melakukan promosi, karena kehadiran Indomaret cukup dibutuhkan di masyarakat.

3. Khun Thai Tea

Franchise ketiga cocok untuk kamu yang masih terbatas budget. Pendirian Khun Thai Tea membutuhkan biaya sekitar Rp15 juta saja. Dengan harga yang terbilang cukup terjangkau itu, kamu sudah mendapatkan kios, meja counter, hingga suplai bahan produksi.

Thai tea juga memiliki peluang untuk sukses di Indonesia, mengingat cita rasa thai tea cocok di lidah orang Indonesia.

Masih banyak franchise sukses di Indonesia selain yang disebutkan di atas. Sebelum menentukan mau bisnis waralaba apa, pastikan kamu melakukan riset mendalam terkait bisnis yang sesuai dengan kemampuan. Kira-kira bisnis franchise apa yang paling sering kamu datangi?

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
bisnis franchise

Bisnis Franchise: Pengertian, Sistem Kerja, Keuntungan dan Modal

Next Article
duplichecker.com rumah semua alat pdf

Duplichecker.com - Rumah Semua Alat PDF

Related Posts