Ini Dia Cara Menggunakan Stiker Add Yours yang Lagi Viral

stiker add yours instagram

Apakah kamu memperhatikan bahwa belakangan ini banyak Instagram Story dengan stiker seperti “Foto apa aja asal di Jogja” atau “Foto makanan terakhir di HP”? Stiker tersebut bernama Add Yours yang merupakan salah satu fitur terbaru dari Instagram.

Pada kesempatan ini, kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai fitur Add Yours tersebut. Mulai dari awal kemunculannya, cara menggunakan, hingga panduan aman untuk menggunakan fitur Add Yours. Simak sampai akhir supaya tidak ketinggalan semua informasi pentingnya.

Apa Itu Stiker Add Yours?

add yours instagram sticker

Mari mulai pembahasan kali ini dengan berkenalan dengan Add Yours. Fitur ini mulai diuji coba oleh Instagram pada pertengahan Oktober lalu untuk pengguna Android Indonesia dan Jepang. Selanjutnya, fitur stiker ini diluncurkan secara resmi pada 2 November 2021.

Instagram mengungkapkan tujuannya dalam peluncuran fitur tersebut. Pihaknya mengungkapkan bahwa Add Yours merupakan sebuah stiker yang akan membuat utas publik atau postingan berantai di Stories. Semua pengguna dapat berpartisipasi di dalamnya.

Pengguna dapat mengcustom stiker tersebut dan mendapatkan respons dari publik. Kamu dapat membagikan stiker Add Yours dan melihat siapa saja yang meresponsnya di story mereka masing-masing.

Target Instagram saat meluncurkan fitur Add Yours adalah memperkenalkan cara baru dalam menciptakan User Generated Content (UGC) yang dapat menguntungkan semua pihak saat viral.

Untuk bisa menggunakan fitur terbaru ini, kamu harus memastikan bahwa aplikasi Instagram sudah dapat kondisi up to date. Jika masih menggunakan Instagram terbaru, update terlebih dahulu. Setelah itu, stiker Add Yours bisa kamu gunakan sesuka hati.

Cara Menggunakan Stiker Add Yours

add yours instagram ideas

Ada dua cara dalam menggunakan fitur baru ini di Instagram. Pertama, kamu bisa mulai menciptakan “tren” dengan mengunggah foto dan prompt milikmu sendiri. Sedangkan cara lainnya adalah mengikuti prompt yang sudah dibuat oleh pengguna lain.

Tutorial yang pertama ini akan menjelaskan tentang cara untuk menggunakan stiker Add Yours sendiri dan memulai sebuah tren.

1. Ambil Foto atau Video

Pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi instagram. Selanjutnya, slide halaman awal ke arah kanan untuk menampilkan kamera story. Di sini, kamu dapat menambahkan konten dengan cara memfoto atau merekam video secara langsung dari kamera Instagram.

Selain itu, kamu juga diberi pilihan untuk mengambil gambar atau video yang sudah ada di galeri kamu. Apa pun cara yang kamu pilih untuk menambahkan konten, pastikan kamu sudah memilih hasil yang terbaik.

Sesuaikan filter dan posisi gambarnya jika diperlukan. Apabila sudah sesuai, kamu dapat melanjutkan ke langkah kedua.

2. Tambahkan Stiker

Setelah memilih gambar atau video, kamu masuk ke tahap editing. Di halaman ini, klik ikon stiker. Berikutnya, halaman untuk memilih stiker akan ditampilkan. Tentu saja di sini kamu harus memilih stiker Add Yours.

Tuliskan apa saja di bagian Write a prompt. Sesuaikan prompt ini dengan konten yang sudah kamu pilih sebelumnya. Apabila sudah selesai menulis prompt, klik Done.

Ubah posisinya yang sudah kamu tambahkan tadi supaya mudah dilihat oleh para penonton story.

3. Bagikan

Langkah berikutnya adalah membagikan story tersebut kepada teman-teman atau followers. Tentu kamu sudah tahu caranya, bukan?

Caranya adalah klik tombol Your Story yang ada di bagian kiri bawah halaman pembuatan story tersebut. Tunggu beberapa saat sampai konten diupload dengan sempurna.

4. Tunggu Teman-teman Mengikuti Tantanganmu

Langkah paling akhir dari tutorial ini adalah menunggu respons dari para followers untuk mengikuti tantangan yang sudah kamu buat.

Baca Juga: Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Instagram Untuk Bisnis

Cara Mengikuti Tantangan Add Yours

cara megikuti add yours instagram

Selain menciptakan stiker Add Yours sendiri, kamu juga dapat menanggapi stiker yang dibuat oleh orang lain. Ini dia caranya.

1. Temukan Story yang Menggunakan Add Yours

Langkah pertama adalah menemukan story teman maupun selebgram yang terdapat stiker Add Yours. Pilih stiker paling menarik yang kamu ikuti.

2. Klik Stiker Add Yours

Jika sudah menemukan story yang menggunakan stiker Add Yours, klik pada stiker tersebut. Klik tulisan biru yang ada di bagian bawah stiker. Tulisan tersebut adalah “Add Yours”.

3. Pilih Foto atau Video

Sekarang kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan story. Di sini kamu dapat menggunakan kamera Instagram secara langsung atau mengambil foto dan video dari galeri. Pastikan kamu memilih foto atau video yang sesuai dengan tantangan.

4. Bagikan

Langkah yang terakhir adalah membagikan story tadi dengan klik tombol Your Story. Orang lain pun dapat berpartisipasi dalam stiker tersebut dengan mengekliknya pada story milikmu.

Baca Juga: Cara Autentikasi Dua-Faktor Akun Instagram

Pahami Hal Ini Sebelum Mengikuti Tren

Beberapa waktu lalu sempat viral tentang penipuan yang bermula dari stiker Add Yours. Ada satu hal yang perlu kamu pahami sebelum mengikuti tren Add Yours ini.

Jangan pernah membagikan informasi pribadi dan sensitif di Instagram story hanya untuk mengikuti tren. Beberapa hal yang tidak boleh kamu bagikan antara lain:

  • Nama panggilan dari orang-orang terdekat
  • Identitas pribadi (tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, dll)
  • Nomor handphone
  • Nomor kartu kredit/debit
  • Tanda tangan

Intinya, kamu boleh mengikuti tren asalkan tetap berhati-hati. Pasalnya, semakin canggih teknologi yang ada sekarang ini berpotensi menimbulkan tindak kejahatan yang mungkin tidak pernah diduga sebelumnya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Gen 1, Ini Dia Detailnya!

Next Article
sportify wrapped 2021

Ini Dia Cara Buat dan Bagikan Spotify Wrapped 2021

Related Posts