Cara Mendapatkan Passive Income Dengan Mudah di 2022

passive income mahasiswa

Cara Mendapatkan Passive Income – Ada banyak cara untuk mendapatkan cuan. Salah satunya melalui passive income. Passive income adalah pendapatan pasif yang terus mengalir tanpa perlu adanya keterlibatan langsung.

Contoh passive income yang sudah umum seperti sewa properti hingga royalti atas hak cipta suatu karya. Apa saja bisnis yang termasuk kategori passive income? Berikut penjelasannya.

Cara Membuat Passive Income

passive income modal kecil

Passive income bisa menjadi penolong di saat hari tua atau ketika kamu tidak mampu lagi untuk mengejar active income. Karena itu ada baiknya untuk memulai bisnis ini dari sekarang. Berikut adalah berbagai cara mendapatkan passive income yang bisa dijadikan inspirasi:

  • Investasi

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan passive income adalah melalui investasi. Tak heran kalau investasi sangat diminati saat ini.

Saham, emas dan reksa dana termasuk dalam bisnis investasi yang menjanjikan. Namun untuk menuai keuntungan, kamu perlu menunggu hingga beberapa tahun.

Untuk mendapatkan passive income dari investasi, kamu harus memahami secara ilmunya agar target passive income sesuai kebutuhan bisa terpenuhi. Banyak rekomendasi tontonan tentang investasi yang bisa kamu tonton di youtube.

  • Sewa properti

Sewa properti merupakan bisnis passive income yang menguntungkan. Akan tetapi diperlukan modal yang besar karena kamu harus mempunyai rumah, indekos atau apartemen yang ingin disewakan terlebih dahulu.

  • Blog

Cara termudah mendapatkan passive income selanjutnya melalui blog. Semakin banyak yang mengunjungi blog, tentu semakin banyak keuntungan. Biasanya keuntungan tersebut berasal dari iklan yang terdapat pada laman blog.

Baca Juga: Penerapan Growth Hacking Pada Bisnis Beserta Contoh dan Manfaatnya

Ide Passive Income

cara mendapatkan passive income

Tadi adalah beberapa cara untuk mendapatkan passive income. Kalau kamu kurang tertarik dengan bisnis passive income di atas, ada beberapa ide bisnis passive income yang bisa kamu coba berikut. Simak penjelasannya.

1. Menjual produk digital

Produk digital adalah produk non-fisik yang hanya dapat diakses melalui perangkat elektronik, seperti komputer dan handphone. Produk digital biasanya dijual pada media sosial maupun e-commerce.

Musik, e-Book, karya seni digital, foto digital, desain grafis, hingga template digital adalah berbagai contoh produk digital yang cukup laris di pasaran.

Bisnis satu ini sangat praktis karena tidak membutuhkan pengiriman fisik. Produk digital biasanya dikirim dalam bentuk tautan atau soft file secara online.

Kelebihan Kekurangan
Bisa dijual berkali-kali Membutuhkan keterampilan khusus (misalnya kemampuan desain untuk bisnis desain grafis)
Tidak perlu restock produk Karya berisiko dicuri dan dijual kembali oleh pihak tidak bertanggung jawab
Tidak membutuhkan ruang penyimpanan fisik seperti gudang
Harga fleksibel dan bisa dinaikkan sewaktu-waktu

2. Menjadi Youtuber

Selanjutnya cocok dijadikan sebagai passive income di desa. Saat ini konten video yang menampilkan keindahan pemandangan alam dan pedesaan sedang naik daun di platform YouTube. Video semacam itu bagaikan pelarian bagi penduduk kota yang membutuhkan self-healing.

Kamu yang tinggal di desa memiliki peluang besar untuk menjadi YouTuber yang mengangkat konten seperti ini.  Manfaatkan panorama lingkungan desamu. Selain itu belum banyak content creator Indonesia yang menggeluti konten sejenis ini, sehingga peluang kamu cukup besar.

Kelebihan Kekurangan
Hanya bermodal smartphone dan kuota internet Saingan ketat
Bisa bekerja di rumah Penghasilan tergantung dari jumlah penonton video
Gaji mencapai ratusan ribu dolar Butuh waktu yang tidak singkat agar kanal YouTube banyak ditonton
Bisa dimonetisasi dengan AdSense untuk menambah pundi-pundi uang

3. Menjual kursus online

Kamu punya bakat memasak, menjahit, berkebun, mengajar atau bakat lainnya? Kenapa tidak coba jual kursus tersebut secara online? Saat ini banyak situs online terpercaya yang siap membeli kursus kamu.

Peminat kursus online turut berkembang dari waktu ke waktu. Pasalnya, mereka tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mendapatkan pengetahuan atau keterampilan baru. Cukup dari rumah saja.

Kelebihan Kekurangan
Jangkauan audiens luas mulai dari lokal   hingga mancanegara Membutuhkan keterampilan atau pengetahuan khusus
Modal awal kecil
Dapat dilakukan di rumah
Hanya membuat sekali dan video dapat   ditonton berkali-kali oleh audiens

4. Membuat blog

Blog merupakan media passive income modal kecil yang banyak ditekuni orang. Blog menjadi wadah untuk menuangkan cerita apa saja, mulai dari pengalaman hidup, travel, tips dan trik, maupun informasi lainnya yang menarik untuk dibahas.

Blog bisa mendatangi pundi-pundi uang yang banyak apabila jumlah pengunjung mencapai angka tertentu. Kamu juga bisa monetisasi blog dengan AdSense.

Nantinya akan muncul iklan-iklan pada laman blog, semakin banyak yang melihat iklan maka keuntungan semakin bertambah.

Kelebihan Kekurangan
Bebas menulis apa saja Diperlukan kemampuan menulis agar   konten tidak membosankan
Bisa dilakukan di rumah Butuh waktu lama untuk menghasilkan keuntungan
Passion bisa disulap menjadi konten blog yang   menarik Harus tekun dan konsisten dalam   mengelola blog
Trafik atau pengunjung selalu datang Saingan ketat mengingat banyak orang   yang menjadi blogger
Independen dan tidak bekerja di bawah   orang lain

5. Affiliate marketing

Contoh passive income selanjutnya adalah affiliate marketing. Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah metode pendapatan passive income yang sangat mudah.

Kamu yang sudah mempunyai platform dengan banyak pengikut dapat menuai pundi-pundi uang secara cepat. Sistem kerjanya simpel, kamu cukup mempromosikan produk agar publisher mendapatkan trafik.

Setiap ada produk yang terjual di platform kamu, maka kamu mendapat komisi. Platform yang biasa digunakan untuk affiliate marketing meliputi YouTube, media sosial, hingga blog

Kelebihan Kekurangan
Bisa meraup   puluhan juta bila banyak yang membeli Saingan kompetitif   karena bisnis affiliate marketing sangat mudah dilakukan siapa saja
Tidak perlu upaya   besar, terkadang hanya menempelkan link pada platform Tidak independen   dan sepenuhnya bergantung pada publisher atau perusahaan yang bekerja   sama denganmu
Tidak mengurus   pengiriman barang tapi menuai komisi tiap produk yang terjual Terkadang komisi   yang didapatkan kecil tergantung pihak ketiganya
Platform harus memiliki pengikut yang banyak
Buat sebanyak-banyaknya passive income sejak dini. Passive income akan sangat membantu kamu di masa mendatang. Kamu bisa menikmati keuntungan tanpa harus berupaya keras. Passive income jenis apa yang membuatmu tertarik?
Total
4
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
crypto terbaik untuk trading

Pintu Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia

Next Article
mengenal skizofrenia

Mengenal Skizofrenia, Kesulitan Membedakan Kenyataan Dan Khayalan

Related Posts