Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat agar Kuliah Lancar Sampai Lulus

tes psikologi untuk memilih jurusan kuliah

Cara Memilih Jurusan Kuliah – Apakah kamu sudah lulus SMA tapi masih bingung mau kuliah dimana dan jurusan apa? Memang ya dalam menentukan tempat kuliah dan jurusannya sering kali menimbulkan kebingungan tersendiri, apalagi jika belum ada gambaran besok setelah lulus mau jadi apa.

Agar kamu tidak bingung dalam menentukan jurusan dan tempat kuliah setelah lulus, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mau tahu apa saja yang harus diperhatikan? Simak informasi lengkapnya berikut ini ya!

Tips dan Cara Mengatasi Bingung Memilih Jurusan Kuliah

Pastinya ada banyak pertanyaan yang muncul dalam benak kamu tentang jurusan kuliah apa yang akan diambil atau mau kuliah dimana setelah lulus SMA. Berbagai macam pertanyaan seputar pilihan studi setelah lulus SMA bisa cukup membingungkan sehingga perlu dicari solusi terbaiknya.

Bagi kamu yang saat ini masih bingung dalam memilih jurusan kuliah, berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

1. Pahami apa yang menjadi Minat dan Bakatmu

Sebelum benar-benar memilih jurusan yang diinginkan, pastikan kamu sudah memahami apa minat dan bakatmu sehingga memiliki alasan tepat untuk memilih. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat tentu akan memudahkan proses belajar selanjutnya.

2. Lakukan Riset terhadap Jurusan Kuliah yang Dipilih

Agar pilihanmu semakin mantap dan tidak ada keraguan di dalamnya, maka lakukanlah riset terlebih dahulu pada jurusan yang akan dipilih. Pelajari masing-masing ilmunya dan bagaimana prospek kedepannya termasuk perbandingan antara satu jurusan dengan yang lain.

3. Konsultasi dengan Orang Terdekat yang Berpengalaman

Ada baiknya kamu juga mengkonsultasikan pilihanmu kepada orang terdekat yang sudah berpengalaman atau profesional. Mereka tentu memiliki kapasitas untuk memberikan masukan dan pengetahuan baru sehingga kamu bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda.

4. Pahami apa Keuntungan dan Konsekuensinya

Semua jurusan ada nilai plus minusnya sehingga kamu harus benar-benar memahami hal itu. Bisa saja jurusan yang kamu inginkan prospek pekerjaan di masa mendatang kurang baik atau sebaliknya. Meski begitu saat memilih jurusan jangan hanya terpaku pada prospeknya saja.

Mengenal Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

tes kepribadian online untuk memilih kuliah online

Salah satu tes yang digunakan untuk membantu menentukan jurusan kuliah adalah tes minat dan bakat. Tes ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan serta potensi yang ada pada diri masing-masing individu.

Dalam tes ini kamu diharuskan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar diri sendiri yang nantinya akan menghasilkan gambaran tentang jurusan kuliah yang sebaiknya kamu pilih dan pekerjaan yang cocok untukmu.

Tes minat dan bakat ini bisa dilakukan secara offline maupun online sesuai kebutuhan. Jika secara offline, tes ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga seperti Konsultan Psikologi, Konsultan Pendidikan dan Lembaga Pendidikan.

Sementara untuk cara online biasanya bisa kamu akses secara mudah melalui website penyedia layanan tes psikologi. Saat ini pun sudah banyak tes minat dan bakat yang bisa diakses secara online dan gratis untuk membantu kamu menentukan jurusan kuliah terbaik.

Baca Juga: Cara Memilih Partner Yang Tepat di Dunia Perkuliahan

Mengenal Manfaat Tes Kepribadian Online untuk Memilih Jurusan Kuliah

tes kepribadian online untuk memilih kuliah online

 

Untuk membantu memilih jurusan kuliah yang paling tepat dan sesuai dengan kamu maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan tes kepribadian online. Kamu bisa mengakses tes ini kapan saja sesuai kebutuhan.

Dengan mengikuti tes kepribadian ini kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut:

  • Bisa lebih Mengenal Diri Sendiri

Melalui tes kepribadian kamu akan lebih mengenal diri sendiri termasuk apa yang sebenarnya kamu inginkan dan menilai jurusan kuliah yang cocok dengan karaktermu. Dengan pertimbangan tersebut maka kamu akan lebih enjoy saat menjalani kuliah di jurusan tersebut.

 

  • Memberikan Energi Positif

Karakter kepribadian dan minat yang cocok dengan jurusan kuliah yang akan dijalani bisa memberikan energi positif. Sehingga kamu merasa bersemangat dan tidak mudah menyerah ketika dihadapkan pada suatu masalah.

Sebaliknya, jika kamu merasa berada di jurusan yang salah dan tidak cocok dengan karakter kamu yang sebenarnya maka hal itu akan menimbulkan masalah tersendiri. Bukan hanya kesulitan untuk mengikuti perkuliahan saja tetapi juga muncul dorongan untuk pindah jurusan.

 

  • Lebih Terbuka pada Hal Baru

Jika kamu sudah mengenal dirimu sendiri dengan baik maka hal itu akan mendorong kamu untuk mengembangkan potensi yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga akan lebih terbuka pada hal baru sehingga lebih mudah dalam memilih jurusan yang paling tepat.

 

  • Komitmen untuk Mengasah Kemampuan

Jika kamu sudah mantap dengan jurusan pilihanmu yang dianggap paling cocok dengan karaktermu maka langkah selanjutnya adalah naik ke level yang lebih tinggi. Yaitu lebih termotivasi untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki agar lebih baik lagi.

 

Rekomendasi Situs Tes Minat dan Bakat Online

Buat kamu yang ingin mengetahui minat dan bakat yang ada pada dirimu untuk memudahkan memilih jurusan kuliah, berikut ini ada beberapa link tes minat dan bakat yang bisa diakses secara gratis:

  1. www.tesbakatindonesia.com
  2. https://smb.telkomunivesrity.ac.id
  3. https://www.truity.com/
  4. http://temubakat.com

Adapun yang harus diperhatikan saat melakukan tes secara online adalah:

  • Hasil tes bisa saja berbeda satu dengan yang lain karena adanya perbedaan dalam metode penilaiannya. Namun jika jawaban kamu konsisten maka hasilnya akan cenderung sama.
  • Hasil tes dengan metode sama bisa saja berbeda jika dilakukan di waktu yang berbeda, karena tergantung pada kondisi pikiran dan emosi saat itu.
  • Dalam tes kepribadian ini tidak ada jawaban benar atau salah, kamu hanya perlu menjawabnya sesuai dengan apa yang ada dalam dirimu sendiri.

Memilih jurusan kuliah memang membutuhkan banyak pertimbangan agar tidak salah pilih dan menjadi beban di kemudian hari. Agar tidak bingung dalam menentukan jurusan, pastikan kamu sudah mengetahui minat dan bakat yang ada pada dirimu dan memiliki komitmen untuk mengembangkannya.

Total
9
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
memulai bisnis dropship

Perhatikan Hal ini Sebelum Mulai Bisnis Dropship

Next Article
apa itu point of sale

Mengenal Point of Sale: Pengertian, Contoh, Manfaat dan Cara Kerja

Related Posts