Bisnis Jastip (Jasa Titip) Bisa Untung Gede?

apa itu jasa titip

Jastip atau jasa titip adalah model bisnis yang menarik untuk dicoba. Pelaku jastip biasanya pelancong yang pergi ke luar daerah atau luar negeri. Kamu bisa jalan-jalan sambil berbisnis, terdengar seru, ya?

Pasalnya, keuntungan yang didapat dari bisnis jastip tidak sedikit. Tetapi kembali lagi dari jenis barang titipannya. Bagi kamu yang ingin mencoba bisnis satu ini, pastikan kamu mengetahui beberapa hal berikut.

Apa itu Jastip?

Jastip adalah singkatan dari jasa titip, yaitu bisnis di mana pelakunya menawarkan layanan membeli barang untuk orang yang membutuhkan, biasanya target pasarnya adalah orang yang tidak bisa membeli barang tersebut langsung ke tempatnya karena faktor tertentu.

Awal mulanya jasa titip hanya melayani pembelian dari luar negeri. Bagi yang membutuhkan barang dari luar negeri bisa menggunakan jasa titip beli barang luar negeri. Seiring bertambahnya minat akan jastip, sudah banyak jastip yang melayani pembelian barang dalam negeri.

Barang yang biasa diburu meliputi produk kecantikan, perawatan kulit, pakaian, aksesoris, peralatan rumah tangga hingga mainan anak.

Kenapa Pilih Bisnis Jastip

bisnis jastip

Bisnis jastip mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Bukan hanya karena sedang naik daun saat ini, tetapi bisnis ini cukup mendatangi keuntungan yang menjanjikan. Bahkan untuk memulainya tidak membutuhkan modal yang besar.

Ada kalanya perjalanan kamu justru dibayar oleh pembeli yang membutuhkan barangnya. Sangat menguntungkan, bukan? Bicara soal untung, kamu mendapatkan profit dari harga barang titipannya. Profit yang diraup bervariasi.

Salah satu pelaku bisnis jastip bilang ia pernah mendapatkan keuntungan hingga 30 ribu per item untuk produk dari luar negeri. Selain profitnya menggiurkan, bisnis jasa titip juga mudah dilakukan.

Bagaimana Sistem Jasa Titip

fee jastip

Mentang-mentang membelikan barang dari penjual, ada yang mengira jastip itu sama dengan dropship. Padahal kedua jenis bisnis ini jauh berbeda. Kamu perlu memahami sistem jastip terlebih dulu untuk mengetahui perbedaannya. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Modal

Beberapa perjalanan ada yang dibiayai oleh pembeli, namun kebanyakan kamu harus membiayai sendiri perjalanan kamu. Karena itu setidaknya kamu membutuhkan modal awal yang tidak sedikit.

Sedangkan pada sistem dropship kamu tidak membutuhkan modal sama sekali. Pada bisnis dropship, kamu hanya membeli barang yang diminta oleh pembeli.

2. Kerja sama dengan WNI di luar negeri

Kamu tidak diwajibkan ke luar negeri untuk mendapatkan barang dari luar negeri. Beberapa pelaku jastip di Indonesia bekerja sama dengan WNI yang tinggal di luar negeri untuk mendapatkan produk.

Mereka menggunakan sistem bagi hasil untuk masalah keuntungan. Nantinya produk dikirimkan melalui kargo. Metode ini jauh lebih hemat biaya ketimbang melakukan perjalanan langsung ke luar negeri.

3. Harus punya relasi

Bisnis jasa titip sebenarnya memiliki tantangan tersendiri. Jika ingin melakukan kerja sama dengan WNI di luar negeri, kamu harus punya relasi terpercaya. Satu-satunya jalan bagi yang tidak punya relasi adalah belanja langsung ke luar negeri.

Kamu bisa menggunakan keuntungan yang didapat dari bisnis ini  untuk membiayai perjalanan kamu.

Baca Juga: Tips Menentukan Aplikasi POS Terbaik Untuk Bisnis Resto

Tarif Jasa Titip

Tarif satu item yang ditawarkan jasa titip sangat beragam. Beberapa pelaku bisnis jastip mematok harga mulai dari 5 ribu per item untuk kategori furnitur. Ada juga yang mematok hingga 10 ribu per item untuk kategori pakaian. Tarif ini tergantung dari penyedia layanannya.

Agar perhitungannya lebih mudah, banyak yang menggunakan sistem persen. Satu item dikenakan tarif sekitar 5 sampai 15 persen dari harga barang. Inilah kenapa semakin banyak barang titipan, maka harganya akan mahal.

Keuntungan Jastip

keuntungan bisnis jastip

Berikut ini adalah berbagai keuntungan yang bisa kamu raup ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis jasa titip.

1. Menambah relasi

Pada bisnis jasa titip, kamu dituntut untuk melakukan perjalanan kesana dan kemari. Menjalin hubungan dengan berbagai supplier atau toko ritel bisa menambah relasi kamu.

Apalagi kalau kamu sering belanja di tempat tersebut. Kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan potongan harga yang besar dengan kualitas top.

2. Dapat dijadikan pekerjaan sambilan

Bisnis jasa titip sering dilakukan sebagai pekerjaan sambilan. Karena dilakukan pada waktu luang, kemampuan mengatur waktu kamu akan semakin terasah. Kamu pun akan lebih bijak dalam memanfaatkan waktu.

Bukan hanya mengasah kemampuan mengatur waktu, kamu juga terlatih dalam mengatur uang belanja. Kamu tentu harus menyusun cara agar bisa membeli barang dengan harga yang murah, entah menggunakan diskon atau cara lainnya.

3. Selalu up to date dengan tren yang ada

Kamu dituntut untuk selalu mengikuti tren. Keunggulannya kamu tidak akan ketinggalan informasi terkini. Wawasan kamu akan semakin bertambah dengan berbagai informasi yang lagi viral, mulai dari dunia kuliner, fashion, dan lain-lain.

4. Menguntungkan meski profit tidak terlalu besar

Bisnis tidak harus meraup keuntungan besar. Mematok harga yang terlalu tinggi demi mendapatkan keuntungan berlipat bisa membawa dampak buruk bagi bisnis. Pembeli pasti akan memilih layanan jasa titip yang lebih murah.

Namun berbeda jika kamu mematok harga yang wajar. Pembeli cenderung akan lebih memilih menggunakan jasa titip ketimbang melakukan perjalanan sendiri.

Kiat Sukses Bisnis Jasa Titip

Bisnis jasa titip dapat dijalankan oleh siapa saja saking mudahnya. Kamu perlu menyusun strategi khusus agar bisnis kamu lebih menonjol dari yang lain di pasaran. Cara paling mudah adalah dengan menawarkan harga yang kompetitif.

Lalu berikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Kamu bisa memberikan bonus kecil-kecilan jika pembeli mencapai nominal pembelian tertentu. Hal kecil ini bisa membuat pembeli senang. Mereka berpotensi untuk menggunakan layanan kamu di lain waktu. Bahkan bisa menjadi pelanggan setia.

Agar bisnis jastip atau jasa titip lebih mudah dijangkau oleh pembeli, kamu bisa membangun web atau sosial media terkait pelayanan kamu. Saat ini juga ada aplikasi jastip yang bisa menjadi media penjualan kamu.

Total
12
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
destinasi wisata jawa barat pantai ujung genteng

Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Indonesia Wajib Kamu Kunjungi

Next Article
mengapa harus memilih sistem POS

Inilah Alasan Mengapa Pentingnya Point of Sale untuk Bisnis

Related Posts