Inilah Alasan Mengapa Pentingnya Point of Sale untuk Bisnis

mengapa harus memilih sistem POS

Pentingnya Point of Sale – Tidak ada yang menyanggah betapa mudahnya pengoperasian mesin kasir konvensional. Di era saat ini, penggunaan mesin kasir konvensional terbilang ketinggalan zaman. Mengingat kompetitifnya dunia bisnis, sudah waktunya kamu berganti menjadi menggunakan point of sale atau POS.

POS adalah sistem yang terintegrasi dengan software dan hardware yang dirancang khusus. POS akan memudahkan pengelolaan bisnis kamu agar semakin efektif dan efisien. Memang seberapa pentingnya point of sale untuk bisnis? Jawabannya penting sekali! Alasannya? Simak penjelasan berikut.

Perbedaan Mesin Kasir dan Point of Sale

Sebelum bahas jauh-jauh, mari kenali perbedaan dari mesin kasir dan point of sale. Kamu pasti sudah tidak asing dengan yang namanya mesin kasir. Kalau point of sale, sudah pernah dengar? Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, berikut penjelasan lengkapnya:

  • Mesin kasir

Mesin kasir adalah alat elektronik yang digunakan dalam jual beli. Seperti yang diketahui, fungsi utama mesin kasir adalah mencatat transaksi sekaligus menampung uang tunai. Mesin kasir sepenuhnya dioperasikan secara manual.

Bila salah klik bisa berakibat pada laporan penjualan nantinya. Laci pada mesin kasir hanya dapat terbuka saat menekan tombol “total” dan diikuti dengan bunyi deringan bel. Bunyi ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa sedang terjadi transaksi.

  • Point Of Sale (POS)

Berbeda dengan mesin kasir yang serba manual, point of sale atau POS merupakan sistem terkomputerisasi yang terintegrasi dalam gabungan software dan hardware. POS tidak hanya dapat mencatat transaksi jual beli, sistem POS memiliki kegunaan yang beragam.

POS dibekali fitur canggih yang membantu pelaku bisnis dalam mengolah data jual beli. Bahkan, kamu bisa membuat laporan penjualan dalam beberapa klik saja. Laporan yang dibuat pun lengkap dan akurat. Fitur ini tentu mempersingkat waktu kerja pelaku bisnis.

Biasanya POS digunakan pada bisnis manufaktur, terutama bisnis yang membutuhkan sistem otomatis yang memantau seluruh kegiatan operasional.

Beberapa software yang terintegrasi dengan sistem POS juga dapat diakses melalui smartphone. Dengan fitur tersebut, kamu tetap bisa memantau laporan jual beli meski tidak berada di tempat bisnis.

Mengenal Fitur-fitur Mesin Kasir dan Point of Sale

Berikut adalah beberapa perbedaan fitur yang terpasang pada mesin kasir dan point of sale. Tabel di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu.

Mesin Kasir Point Of Sale
Dilengkapi pemindai barcode Dilengkapi pemindai barcode
Laci penyimpanan uang tunai Laci penyimpanan uang tunai
Terdapat mesin pencetak setruk Terdapat mesin pencetak setruk
Tidak menerima pembayaran kartu kredit Menerima pembayaran kartu kredit
Tidak dapat mengelola karyawan Dapat mengelola karyawan
Tidak dapat mengetahui ulasan konsumen Dapat mengetahui ulasan konsumen
Laporan penjualan masih sederhana Laporan penjualan lengkap

Mengapa Harus Memilih Sistem Point of Sale

pentingnya point of sale untuk bisnis

Masih belum puas dengan penjelasan mengenai sistem POS di atas? Seperti yang sudah diulang berkali-kali, POS akan memudahkan pengelolaan bisnis kamu. Mungkin kamu belum merasa membutuhkan POS karena skala bisnis masih kecil.

Namun, seandainya bisnis kamu berkembang dan semakin ramai dikunjungi konsumen, pasti akan kerepotan dengan berbagai kegiatan operasionalnya. Bayangkan toko sedang ramai-ramainya, tapi kamu perlu mencatat seluruh transaksi secara manual. Sungguh merepotkan, bukan?

Mungkin ada yang berpikiran kalau jenis bisnis yang cocok pakai point of sale hanya bisnis skala besar. Padahal, beberapa bisnis kecil hingga bisnis online sudah menggunakan POS dalam pengelolaan bisnisnya.

Baca Juga: Mengenal Point of Sale: Pengertian, Contoh, Manfaat dan Cara Kerja

Manfaat Point of Sale Bagi Penjual

perbedaan mesin kasir dan point of sale

Yakin masih mau tetap dengan mesin kasir setelah membaca manfaat POS berikut?

  • Menerima berbagai metode pembayaran tunai dan non-tunai.
  • Membantu mengelola operasional bisnis (mulai dari manajemen inventaris, karyawan, konsumen dan lain-lain).
  • Melaporkan penjualan dengan rinci.
  • Membuat laporan laba dan rugi.
  • Merekap pembelian dan pengeluaran barang.
  • Menyimpan catatan harga produk.
  • Mengoptimalkan operasional bisnis.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan.

Manfaat Point of Sale Bagi Pelanggan

jenis bisnis yang cocok pakai POS

Selain memberikan manfaat bagi pelaku bisnis, POS juga disukai oleh sebagian besar pelanggan. Mengapa demikian? Berikut manfaat POS bagi pelanggan:

  • Tersedia berbagai metode pembayaran

Di era saat ini, pembayaran non-tunai sudah menjadi hal yang umum. Bahkan, beberapa pelanggan lebih menyukai metode pembayaran jenis ini karena dinilai lebih praktis.

POS memiliki fitur yang memperluas metode pembayaran. Pelanggan pun lebih diberikan fleksibilitas untuk melakukan pembayaran.

  • Memudahkan proses pemesanan

Pernah datang ke restoran yang sistem pemesanannya menggunakan tablet? Sistem pemesanan ini termasuk dalam teknologi POS. Nantinya pesanan kamu akan diolah dan secara otomatis tercatat dalam laporan penjualan restoran tersebut.

Kamu pun tidak perlu memanggil pramusaji untuk memesan. Tinggal klik beberapa kali di tablet, pesanan segera diolah dan diantarkan ke meja. Kamu juga diberi kebebasan untuk memilih dan menambah pesanan semau kamu.

Biasanya tampilan pada aplikasi pemesanan dibuat semenarik mungkin, pelanggan pun semakin tertarik untuk memakainya.

Kelemahan Point of Sale

kelemahan point of sale

Secanggih-canggihnya suatu teknologi tentu tidak terlepas dari beberapa kekurangan. Adapun kelemahan dari POS sendiri adalah sebagai berikut:

  • Rentan terserang virus

Tidak semua POS rentan terserang virus. POS memiliki fitur penyimpanan dengan teknologi cloud. Sekiranya sistem POS pada perangkat mengalami masalah, data penjualan tetap terjaga dengan aman dan dapat dipulihkan sewaktu-waktu.

Kamu bisa mencoba Olsera, yaitu salah satu software POS terbaik yang dilengkapi dengan teknologi cloud. Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati fitur-fitur Olsera juga masih terjangkau.

  • Biaya mahal

Sistem POS dapat didesain secara khusus sesuai dengan keperluan atau kebijakan bisnis. Namun, pembuatan dari awal membutuhkan biaya yang lebih besar ketimbang menggunakan software yang sudah jadi.

Ada kasus di mana program yang sudah jadi mungkin tidak sesuai dengan operasional bisnis, sebab kamu tidak bisa memilih dan diharuskan menyesuaikan dengan sistem yang ada. Sedangkan jika dibuat dari awal, kamu memiliki kebebasan untuk memilih

Kamu dapat meminta developer untuk merancang POS dengan sistem yang sesuai dengan kebijakan bisnis.

Bagaimana kamu sudah tahu kan pentingnya point of sale untuk bisnis? Untuk merasakan langsung manfaat dari POS, satu-satunya cara adalah dengan menerapkannya pada bisnis kamu. POS cocok dipakai untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis kecil, bisnis besar, hingga bisnis online.

Total
3
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
apa itu jasa titip

Bisnis Jastip (Jasa Titip) Bisa Untung Gede?

Next Article
perbedaan layar oled, amoled dan super amoled

Perbedaan Layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED

Related Posts