Anda Pengguna Komputer dengan Dual Boot? Coba Menggunakan Virtualbox

Artikel ini saya tulis untuk membantu kalian agar mencoba teknologi Keren ini  yaitu Penampung banyak OS tanpa ganggu BOOT proses utama . Seperti yang kita tahu bahwa sebuh komputer dapat di setting menjadi DUAL BOOT yang dimana system operasinya lebih dari satu tetapi hal tersebut sudah kuno dan tidak efisien di gunakan lagi, Selain itu dual boot sedikit memakan resiko. Anda juga perlu tahu kelemahan komputer dengan dual BOOT :

1 . Komputer loading BOOT nya sudah pasti menjadi lama .
2 . Pastinya memakan banyak ruang penyimpanan pada Harddisk .
3 . Harus cepat – cepat dalam memilih system operasi pada saat BOOT jika tidak salah Sistem operasi .
4 . Tidak dapat menggunakan banyak system operasi dalam waktu yang bersamaan .
5 . Tidak dapat melakukan sync pada data setiap saat .

Setelah kalian melihat kelebihan dan kelemahan di atas apakah kalian akan menggunakan dual boot?. Saya harap kalian mencoba teknologi  ini : Penampung banyak OS tanpa ganggu BOOT proses utama yaitu menggunakan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine . Jika kalian seorang PROKTOR di acara UNBK pasti sudah tahu Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine ini untuk apa , ya Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine ini adalah aplikasi GRATIS atau FREE ( jadi untuk menggunakannya tidak harus bayar atau membelinya ) yang di gunakan untuk menjalan lebih dari satu system operasi dengan waktu yang bersamaan dan dapat melakukan sync pada data setiap saat karena ada 2 user yang dapat berganti data secara live . Dimana system operasi yang menjalankan Sedang menjalan kan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine adalah PC OS Admin atau sebagai admin dan Sistem operasi yang berada di dalam Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine adalah PC OS Guest atau sebagai pengguna . Pada dasarnya Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine ini menjalankan system operasi yang di pasang ke dia dengan format penginstallan .ISO atau yang sering kita tahu yaitu FORMAT untuk Compres Burn pada Kaset CD atau pun DVD . Nah untuk cara menggunakan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine ini sebenarnya sangat mudah yaitu :

1 . Download Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine
Yang pertama untuk menggunakan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine , adalah dengan download aplikasi VM ini di google tinggal masukkan keyword “Download Aplikasi Virtual Box” untuk Ukuran filenya nya contoh : VirtualBox-5.1.6-110634-Win adalah 116MB – sudah termasuk tidak berat lah .

2 . Install Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine
Yang kedua untuk menggunakan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine dengan  mengInstall Aplikasinya. menginstall aplikasi ini sangat mudah tinggal di NEXT > NEXT > ACCEPT > INSTALL saja .

3 . Pasang Sistem Operasi yang akan di gunakan
Yang ketiga untuk menggunakan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine  dengan Pasang Sistem Operasi yang akan di gunakan tinggal buka Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine kemudian klik New masukkan nama system operasi yang akan kalian gunakan kemudian pilih Bitnya (jangan salah yang ini) . Pilih RAM yang akan di alokasikan untuk si Sistem Operasi dan Buat Hard disk virtual . Dilanjutkan dengan memilih VDI atau VitrualBox Disk Image setelah itu pilih alokasi dinamis . Lanjut ke tahap berikutnya pemilihan ukuran untuk si Harddisk tinggal pilih saja berapa yang anda inginkan ( Note : jangan sampai melebihi kapasitas penyimpanan harddisk yang tersisa di PC anda karena Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine tidak akan berjalan ).

4 . Jalankan system dan lakukan penginstallan OS
Yang keempat untuk menggunakan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine , Kalian tinggal memasukkan penginstallan pada Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine di Penyimpanan masukkan disk image dan ambil penginstalan system operasi  dengan format  ISO yang ada di PC kalian . Setelah itu kalian tinggal start dan lakukan penginstallan system operasi kalian seperti biasa jika belum tahu bisa cari di youtube cara install OS.

5 . Install guest CD pada OS
Yang terakhir atau kelima untuk menggunakan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine , Kalian tinggal Memasukkan CD guest dengan settingan yang berada di bawah menu saat Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine di lakukan ZOOM . Nnatinya CD guest akan masuk otomatis , saat itu lakukan pengintallan kemudian tinggal di restart dan setting folder bersama antara dua os agar dapat melakukan SYNC data di antara OS yang di Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine dan dengan OS yang utama
Maka pada langkah ke lima anda dapat SYNC dengan PC OS ADMIN anda . Nah itulah langkah yang mesti kalian tempuh untuk menggunakan Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine ini dan Untuk kelebihan dan kekurangan dari Aplikasi Oracle Virtual Box atau Virtual Machine ini yaitu :

1 . Hardisk tidak tersita ruangnya karena bisa di pilih alokasi dinamis yang hanya menggunakan harddisk sesuai data yang ada
2 . Dapat menggunakan lebih dari 2 OS secara bersamaan
3 . Dapat melakukan SYNC setiap saat
4 . Loading BOOT PC OS utama tidak terganggu
5 . Tidak perlu memilih startup dengan os yang mana
6 . Compatibel untuk banyak Sistem Operasi

Nah bagaimana tanggapan anda terhadap artikel : “Anda pengguna komputer dengan dual boot? coba menggunakan virtual box” jika kalian ingin bertanya silahkan berkomentar dibawah postingan ini. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pembahasan maupun tata bahasa. See you next article bye bye.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s