membahas knalpot aftermarket atau knalpot racing di indonesia!

unduhan (17) images (13)

perknalpotan di indonesia menjadi salah satu persoalan yang membingungkan pengendara khususnya bagi orang yang menggunakan knalpot aftermarket atau knalpot racing. mengganti knalpot adalah kebanggan bagi diri sendiri karena knalpot aftermarket atau knalpot racing memiliki suara yang enak didengar walaupun ada sebagian orang menggunakan knalpot bising ini, jadi bagaimana?
tercantum dalam peraturan menteri lingkungan hidup no.7 tahun 2009. diaturan tersebut tertera jelas dalam tabel bahwa setiap kendaraan bermotor roda dua dengan kapasitas mesin kurang dari 175cc memiliki standar kebisingan 80 desibel, sedangkan cc lebih dari 175cc berstandar kebisingan 83 desibel.
nah yang menjadi persoalan sekarang ini polisi melakukan tilangan knalpot racing dengan menduga duga bahwa ini bising. pedahal polisi harus membuktikan tingkat kebisingan berdasarkan desibel yang telah ditentukan. peraturan itu harus pasti bukan untuk diduga duga. bagaimana untuk moge yang knalpot standar pabrik tingkat kebisingan lebih dari peraturan? apa mau ditilang? menurut saya sih seharusnya dipertegas lagi peraturan tentang ambang kebisingan kendaraan bermotor karena harus bisa dimengerti oleh masyarakat kita, akibatnya tindakan main tilang juga berpotensi terjadi

.unduhan (18)
jika anda ingin mengukur tingkat kebisingan kendaraan anda baik yang standar maupun yang aftermarket, bisa downdlod disini: aplikasi sound meter untuk android .ini yang bikin saya terinspirasi untuk bisa mewawancarai pak polisi tentang persoalan ini. saya jika ada kesempatan ingin bertanya :
1. bagaimana pendapat anda (pak polisi) tentang perknalpotan di indonesia ini?
2. apakah anda bisa menjelaskan peraturan peraturan tentang kebisingan kendaraan bermotor?
3. mengapa anda tidak menegur atau memperingatkan atau bisa menutup  pabrik pembuat knalpot jika knalpot non standar melanggar aturan?
4. menurut anda bagaimana prilaku polisi yang menilang knalpot dengan menduga duga dan tidak melakukan pembuktian dengan alat bahwa desibel motor tersebut melanggar?

saya ingin tahu jawaban dari polisi yang saya akan wawancarai apakah dia bisa menjawab semua pertanyaan tadi dengan jelas? saya bener bener ingin bisa menanyakan langsung kepada polisi selaku penegak hukum.menurut anda bagaimana tentang perknalpotan ini bisa dijawab dikomentar oke?
saya selaku pengendara motor berknalpot standar yang ingin mengganti, membuat saya mengurungkan niat untuk mengganti knalpot karena peraturan ini tidak jelas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s