syarat polisi melakukan penilangan dan cara agar tidak kena tilang!

unduhan (13)

*syarat polisi melakukan penilangan

sekarang nih lagi musim razia. razia adalah pemeriksaan kendaraan bermotor secara bersama sama atau gabunga. pemeriksaan kendaraan bermotor dijalan dapat dilakukan secara berkala atau insidental sesuai dengan kebutuhan. apa itu insidental? adalah termasuk tindakan petugas terhadap pelanggaran yang tertangkap tangan, pelaksanaan operasi kepolisian dengan sasaran keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan, serta penanggulangan kejahatan.

Polisi memiliki surat tugas yang sah.jika anda kena tilang jangan hanya anda yang diminta menunjukan surat surat dan kelengkapan berkendara namun anda juga berhak menanyakan surat tugas dari polisi yang melakukan razia. maka itu bukan razia yang sah jika tidak bisa menunjukan surat tugas nya, banyak juga zaman sekarang polisi polisi yang nakal. sebagaimana yang termuat dalam pasal 14 harus pula memuat beberapa hal seperti alasan dan jenis pemeriksaan, waktu pemeriksaan, tempat pemeriksaan, penanggung jawab dalam pemeriksaan, daftar petugas pemeriksa dan daftar pejabat penyidik yang ditugaskan selama dalam pemeriksaan.dalam surat perintah ini disebutkan dalam pasal 13 PP 42 Tahun 1993.bunyinya :

(1) Pemeriksa yang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan wajib dilengkapi dengan surat perintah tugas.

 (2) Surat perintah tugas sebagaimana dimaksud  dalam ayat (1) dikeluarkan oleh :

  1. Kepala Kepolisian Negara Republik  Indonesia untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas polisi negara Republik Indonesia;

       2 Menteri untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh pemeriksa Pegawai Negeri Sipil.

Adanya papan pemberitahuan. Kita sering mendapati razia secara mendadak atau disergap tiba-tiba dan pak polisi bilang sedang mengadakan razia. Padahal jelas hukumnya di Pasal 15 ayat 1-4, PP 42 Tahun 1993 berbunyi :

(1) Pada tempat pemeriksaan wajib dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor.

 (2) Tanda sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ditempatkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 meter sebelum tempat pemeriksaan.

 (3) Pemeriksaan yang dilakukan pada jalur jalan yang memiliki lajur lalu lintas dua arah yang berlawanan dan hanya dibatasi oleh marka jalan, ditempatkan tanda sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) pada jarak sekurang kurangnya 100 meter sebelum dan sesudah tempat pemeriksaan.

 (4) Apabila pemeriksaan dilakukan pada malam hari, selain harus memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), wajib dipasang lampu isyarat bercahaya kuning terang.

polisi harus menggunakan seragam, atribut yang jelas, tanda tanda khusus sebagai petugas pemeriksa, dan perlengkapan pemeriksaan sebagaimana disebutkan dalam pasal 16 pp 42 tahun 1993 ayat 1 berbunyi:

(1) Pemeriksa yang melakukan tugas pemeriksaan wajib menggunakan pakaian seragam, atribut yang jelas, tanda-tanda khusus sebagai petugas pemeriksa, dan perlengkapan pemeriksaan

jika anda kena tilang ada dua pilihan surat yaitu slip merah dan slip biru

Makna dari SLIP MERAH dan SLIP BIRU adalah :unduhan (14)

– SLIP MERAH : surat tilang ini diberikan apabila terjadi kesalahan di jalan raya dan pengendara tersebut tidak mengakui kesalahannya (mangkir) yang disebutkan oleh petugas jalan raya (POLANTAS) dan akan dikenakan denda sesuai dengan beratnya kesalahan yang telah dilakukan melalui proses pengadilan.

– SLIP BIRU : surat tilang ini diberikan apabila terjadi kesalah di jalan raya dan pengendara mengakui kesalahannya (tidak mangkir) yang disebutkan oleh petugas jalan raya (POLANTAS) dan akan dikenakan denda maksimal Rp 50.600,- (Lima puluh ribu enam ratus rupiah) serta dapat dibayarkan melalui Bank yang ditunjuk tanpa harus melalui proses pengadilan. Yang artinya Rp 50.000,- masuk ke kas negara dan Rp 600,- untuk petugas yang menanganinya dan itupun baru bisa diambil pada bulan berikutnya.

* cara agar tidak kena tilang

  1. berdoa

 berdoa adalah langkah awal untuk bebas dari raziaan syukur syukur jika anda tidak kena saat setelah berdoa.

  1. pura pura gak melihat polisi

 berpura pura tidak melihat bisa menjadi anda gagal kena tilang. apabila anda terus melihat ke arah polisi bisa dipastikan 98% kena tilang karena polisi melihat anda ketakutan dan dicurigai polisi anda tidak memiliki surat surat lengkap

  1. menggunakan action camera ( seperti go pro)

     4.selipkan di stnk foto polisi ( jika ayah anda seorang polisi)

 anda kena tilang? pasti polisi menanyakan surat surat dan kelengkapan berkendara, saat anda menunjukan stnk polisi akan kaget ketika melihat foto polisi bisa kemungkinan anda akan bebas gk tahu kenapa tuh.

  1. gunakan angkutan umum aja jika anda takut ditilang baca juga : cara aman naik angkutan umum

walaupun saya belum pernah kena tilang, dan bukan untuk mengajari anda melanggar namun ini hanya candaan yang pastinya anda harus berkendara sesuai ketentuan hukum yang berlaku dalam lalu lintas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s